It’s my life! :)

It’s my life! :)

First, this post is dedicated to join Nutrifood blog competition. My intention? want to share my lifestyle and I love it so far! šŸ™‚ (don’t mention about the prize LOL :p) I will tell this story in Indonesian. #HealthAgent

Saya kurang suka berolahraga. Itu merupakan fakta yang saya sadari sejak kecil. Saya suka beraktivitas yang mengeluarkan keringat, namun terbatas hanya beberapa jenis olahraga tertentu. Nilai pelajaran olahraga saya sejak masih SD pun terbilang standar, terutama jika olahraga tersebut ada hubungannya dengan lari. Ya, saya memiliki stamina yang tidak terlalu bagus. Selain itu, saya juga termasuk orang yang sering tidur hingga larut malam. Namun, sejak saya jatuh cinta dengan “olahraga” ini, saya pun semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

Mungkin saja sebagian orang tidak setuju tetapi menurut saya menari merupakan bagian dari olahraga. Kenapa? Karena menari tidak hanya mengeluarkan keringat, tetapi juga melatih stamina dan membentuk otot dengan cara yang menyenangkan (berdasarkan pendapat saya). Sedari kecil, saya memang suka menari, namun tidak pernah mendalami secara serius. Sampai akhirnya, saya menyadari bahwa menari membuat saya sadar akan gaya hidup yang lebih sehat. Sebelum menari, saya sempat berkecimpung di dunia Marching Band. Tentu saja, menjadi anggota di Marching Band membuat saya lebih terbiasa dengan aktivitas tinggi. Jadwal latihan yang padat membuat saya mati kutu ketika saya sudah tidak lagi aktif di Marching Band. Oleh karena itu, saya mencari “tempat pelarian” baru, yaitu menari. Di dunia baru ini, saya menyadari bahwa latihan yang selama ini saya lakukan selama di Marching Band benar-benar membangun saya menjadi insan pribadi yang lebih sehat secara fisik.

Setelah berkecimpung di dunia tari, saya semakin paham bahwa stamina sangat penting artinya bagi penari. Awalnya, saya enggan berlari karena saya tidak terlalu suka dengan olahraga ini. Namun, saya menyadari bahwa dengan berlari dapat membantu untuk meningkatkan stamina, terutama dalam performa sebagai penari. Saya juga dulu tidak terlalu suka untuk melatih otot-otot tertentu, namun setelah mengetahui bahwa semua otot di tubuh kita memiliki fungsi penting dalam mengeksekusi teknik atau gerakan, saya mulai rajin melakukan olahraga singkat demi pembentukan otot tubuh saya. Semua ini saya lakukan karena saya ingin menjadi penari yang lebih baik dan terus berkembang, meskipun saya baru memulainya di usia dewasa.

Selain dari sisi olahraga, menari membuat saya juga lebih was-was akan makanan yang saya konsumsi. Saya tidak bisa dipisahkan dari makanan dan minuman manis. Meskipun sampai saat ini masih berjuang keras untuk mengurangi asupan glukosa, perlahan tapi pasti saya mulai mengontrol jumlah glukosa yang masuk ke dalam tubuh saya. Saya membatasi minuman manis yang boleh dikonsumsi dalam satu hari. Selain itu, dibandingkan glukosa atau karbohidrat, saya lebih memilih untuk memperbanyak mengkonsumsi protein dan sayuran. Susah memang, apalagi bagi anak kosan seperti saya yang sulit untuk mengontrol asupan gizi karena jauh dari rumah.

Meskipun gaya hidup saya masih jauh dari hidup sehat yang sempurna, namun tidak ada salahnya untuk tetap berusaha dan mempertahankannya. Perlahan tapi pasti, teruslah berusaha untukĀ memperbaiki gaya hidup Anda menjadi lebih baik.

Leave a Reply

